0 Comments

APA ITU WEBCRAWL & FUNGSINYA?

Pengertian Webcrawl

Webcrawl atau perayap web adalah robot yang dirancang khusus untuk menyebar di Internet. Webcrawl menjelajahi Internet untuk mengumpulkan data tertentu. Robot perayap pertama yang dibuat hanya ditugaskan untuk menjelajahi Internet untuk mengambil salinan halaman dari beberapa situs web. Salinan halaman ini akan disimpan dan diindeks dalam kategori tertentu.

Nama web crawler sendiri dipilih karena hubungannya dengan bot yang tersebar di berbagai website. Karena koneksi yang erat antara Internet dan Internet, robot ini disebut pencari web. Nama lain yang sering digunakan oleh bot ini adalah Spider, Spider bot, Ant, Auto Indexer dan Web Scutter.

Perayap web tentu saja tidak terbatas pada menyalin halaman situs web. Mereka juga dapat digunakan untuk kebutuhan pengambilan informasi tertentu. Saat pertama kali digunakan, robot telah digunakan di mesin pencari. Tentu saja, mesin pencari tidak sebaik dulu.

Fungsi pencari web itu sendiri dibatasi karena jumlah dan pengkodeannya yang lemah. Mereka yang telah mencoba mesin pencari pada saat itu akan menemukan bahwa salah mencari lebih mudah daripada mengklik. Karena kelemahan perayap bot saat ini, Anda bahkan mungkin menemukan situs web yang tidak jelas.“

Era ini mulai membaik pada tahun 2009. Saat ini, penggunaan penelusuran web menjadi semakin umum. Jumlah pencari web yang digunakan di Internet semakin meningkat. Mereka juga dapat bekerja lebih efisien dengan pengkodean baru. Meskipun robot yang berfungsi diproduksi oleh pihak yang berbeda, mereka dirancang untuk bertukar informasi. Hasilnya, informasi yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan proses pengindeksan berjalan lebih lancar.

Cara Kerja Webcrawl

Anda pasti penasaran dengan cara kerja robot ini. Singkatnya, Anda dapat menganggap web crawler sebagai pustakawan. Mereka awalnya akan mencari salinan buku tersebut dari perusahaan percetakan untuk disimpan di perpustakaan. Ini sama dengan crawler yang merayapi di Internet dan menyalin halamannya. Halaman yang disalin akan disimpan dan diurutkan di tumpukan indeks di crawler web.

Dengan menggunakan alat akses eksternal, Anda dapat meminta informasi yang diurutkan. Biasanya, yang diminta adalah penggunaan kata kunci, dan kunjungan eksternal adalah mesin pencari. Selanjutnya, pencari web akan menampilkan opsi untuk situs web yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan.

Fungsi webcrawl (perayap web)/ laba-laba web

Pada prinsipnya, fungsi penjelajah Web adalah untuk merayapi dan mengindeks semua halaman atau konten di Internet.Singkatnya, mesin pencari adalah fondasi dari fungsi mesin pencari.Selain itu, pencari web juga memiliki banyak fungsi lainnya. Perusahaan berdasarkan bidang data tidak hanya menggunakan mesin pencari, mereka juga menggunakan robot jenis ini.Apalagi sekarang ada banyak web searcher tools yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data tertentu dari Internet.

Nah, secara lebih luas lagi manfaat crawler adalah sebagai berikut:

  1. Lihat data perbandingan harga
    Ada banyak toko online di Internet. Harga produk di setiap toko online bisa berbeda-beda. Perayap dapat membandingkan harga produk di Internet. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melihat perbandingan harga produk tanpa harus memeriksa setiap toko online secara manual.
  2. Mendukung penambangan data
    Penambangan data adalah proses menemukan pola tertentu dari kumpulan data besar yang melibatkan teknik pembelajaran mesin, data statistik, dan sistem basis data. Dalam hal ini, tugas pencari adalah mengumpulkan kumpulan data dari sumber terbuka di Internet. Misalnya alamat email atau nomor telepon banyak perusahaan yang terbuka untuk umum.
  3. Mendukung alat analisis web
    Google Search Console adalah salah satu alat analisis web Google. Alat ini dapat membantu Anda menganalisis situs web Anda untuk melihat tampilan halaman, tautan balik, tautan internal, dll. Alat tersebut menggunakan crawler untuk mengumpulkan data ini.