0 Comments

Tips Melindungi Web Dari Hacker

 

Melindungi web
melindungi web

 

Situs web adalah kumpulan halaman yang berisi berbagai informasi dalam suatu domain sehingga pengguna Internet dapat membaca dan melihatnya melalui mesin pencari. yang benar kita dapat melindungi web

Informasi yang dapat diposting di website biasanya berisi gambar, ilustrasi, video dan teks untuk berbagai keperluan. Biasanya tampilan awal website dapat diakses melalui halaman utama (homepage) dengan menggunakan browser dengan URL.

Berkembangnya serangan Hacker

Catatan dari National Bureau of Networking and Encryption (BSSN) bahwa sejak Januari 2020 hingga Maret 2020, jumlah serangan siber dalam pandemi ini telah meningkat enam kali lipat, dibandingkan dengan situasi pada tahun 2000, jumlah serangan siber Berkurang 80.837.445 Kasus Pada tahun 2019 tercatat 13.623.527 kasus. Tentunya peningkatan ini membuat kita semua saat ini mengkhawatirkan penggunaan Internet yang lebih banyak dibandingkan sebelum pandemi.

Beberapa Jenis Serangan Hacker

    1.Cross-site Scripting (XSS)

Serangan ini menggunakan situs web dengan tingkat keamanan yang lebih lemah sebagai sarana untuk mendapatkan data pengunjung. Kemudian, peretas menggunakan Javascript berbahaya untuk memasukkan skrip tertentu ke dalam situs web. Saat pengunjung mengunjungi situs web, data seperti nama pengguna, kata sandi, dan data lain akan dikirimkan ke peretas.

    2.Pharming

Serangan ini dapat dilakukan dengan mengarahkan situs web resmi ke situs web palsu yang telah disiapkan. Tujuannya adalah untuk menambang data dari pengunjung situs yang sebenarnya tanpa menyadarinya. Bukan hanya pengunjungnya, tetapi pemilik website tidak mengetahui bahwa website mereka telah dibajak dan dialihkan. Meskipun alamat URL di mesin pencari menunjukkan URL yang valid, kunjungan berikutnya adalah situs palsu. Pharming menyerang situs web resmi banyak lembaga keuangan, yang berpura-pura menampilkan situs web asli, tetapi kemudian menghabiskan akun pelanggan dan menghancurkan semua data penting.

    3. Denial of Service (DoS)

Kejahatan dunia maya yang harus kita semua waspadai yaitu serangan terhadap situs web yang disebut denial of service (DoS). Tim Kesiapsiagaan Darurat Komputer AS mendefinisikannya sebagai serangan yang dapat merusak server tertentu. Peretas akan menggunakan ini untuk membanjiri hosting sehingga terjadi peningkatan traffic dan mengakibatkan pemilik website tidak dapat mengakses websitenya. Serangan DoS ini akan melumpuhkan semua situs web yang saling terkait dan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi pemiliknya. Selain tidak lagi memiliki akses untuk login, pemilik website juga telah kehilangan semua data dan informasi-informasi penting dalam websitenya.

    4. Cross-Site Scripting (XXS)

Salah satu serangan paling serius adalah pembuatan skrip lintas situs (XXS). Jenis serangan ini biasanya menyerang situs web dengan memasukkan dan menempelkan kode tertentu ke dalam situs web. Kode-kode ini dimasukkan ke dalam situs web, dan situs web akan menyerap data pengguna dan pemilik situs web mulai dari nama pengguna, kata sandi, dan data pribadi. Semua data korban akan dikumpulkan atau ditambang tanpa menyadarinya.Serangan XXS seperti itu biasanya menyerang situs web dengan sistem keamanan longgar atau ceroboh, dan situs web ini menjadi sasaran empuk bagi para peretas.

 

Cara Melindungi Web dari Serangan Hacker

Meskipun pada dasarnya sulit untuk memprediksi dan mengontrol serangan dunia maya, ini tidak berarti bahwa kami tidak akan mengambil tindakan pencegahan secara terpisah. Karena semakin banyak orang menyadari jenis serangan mereka dan mengambil tindakan perlindungan, serangan peretas juga diperbarui. Meski begitu, Anda tetap dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk melindungi situs web Anda dari peretas.

    1. Gunakan SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah metode yang dapat digunakan dengan protokol enkripsi yang akan mentransfer semua informasi antara situs web dan database. Dengan cara ini, peretas akan menghadapi masalah, dan karena situs tersebut sudah menggunakan SSL, sulit bagi peretas untuk memasuki serangan. Selain meningkatkan keamanan, SSL juga meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berselancar di situs web Anda.

    2. Menggunakan Firewall

Umumnya, aplikasi firewall juga memiliki fitur yang dapat membantu mencegah serangan, serta menyaring spammer dan bot jahat yang bersembunyi di situs web. Firewall dapat membaca semua data yang melewatinya, sehingga secara otomatis memblokir situs yang dianggap mungkin menyerang situs lain. Aplikasi juga akan memblokir alamat IP secara otomatis hingga Anda berhenti mengunjungi situs berbahaya.

   3. Selalu Melakukan Backup Data

Metode ini adalah metode sederhana yang dapat dilakukan siapa saja untuk setiap pemilik dan administrator situs web. Pastikan untuk mencadangkan data Anda secara teratur dan menyediakan lokasi penyimpanan di mana semua data dan informasi penting dapat disimpan dengan aman.