0 Comments

Bagaimana Web Personal Branding yang menarik?. Sampai dengan saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan website sebagai salah satu tempat untuk membentuk personal branding. Tentunya Anda juga bisa melakukan hal semacam itu. Anda cukup dengan bermodalkan membuat website pribadi dan juga membuat konten-konten didalamnya lebih relevan lagi. Maka Anda sudah membangun personal branding menjadi lebih baik. 

Bisa dibilang memang cukup sederhana langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat Website pribadi.  Keterampilan ataupun skill khusus juga tidak  begitu diperlukan untuk dapat membuatnya  lebih menarik, artinya siapapun bisa melakukannya. 

Membangun Web Personal Branding Anda

Di bawah ini merupakan beberapa tahap yang tentunya bisa Anda ikuti untuk membuat Website pribadi supaya dapat membangun Web Personal Branding Anda

Anda bisa membuat domain website dan web hosting

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membangun sebuah  website personal branding adalah dengan menentukan terlebih dahulu domain website. Domain sendiri adalah tempat dimanakah nantinya lokasi berdirinya website tersebut atau yang biasa disebut dengan web hosting

Sebagai salah satu contoh dari pada web hosting yang saat ini sudah cukup populer adalah wordpress, tumbls,  dan weebly.  Sebuah website yang terbentuk, nantinya akan mempunyai  subdomain,  didasarkan pada nama  hosting Web Personal Branding yang di pilih tersebut. Sebagai contoh apabila Anda membuat website tersebut pada pelaksanaan WordPress, maka nama domain nya adalah . wordpress.com

Selain itu Anda juga dapat melakukan perubahan domain website ke dalam bentuk lain yang jauh lebih sederhana. Dibandingkan dengan sebelumnya misalnya saja apabila domain Anda berakhiran .com, . net dan sebagainya.  Contoh domain ini merupakan domain yang memiliki fitur berbayar.

Anda harus memasang aplikasi content management system atau CMS

Content management system atau yang akrab dipanggil CMS ini. Tentunya menjadi salah satu tempat bagi Anda Untuk dapat mengatur seluruh proses yang memang sudah terjadi didalam website. Salah satu daripada CMS yang cukup sering dipergunakan dan juga cukup populer adalah WordPress.  WordPress sendiri merupakan salah satu dari pada contoh CMS yang mudah untuk dipergunakan apalagi Anda yang masih pemula.

Lalu bagaimanakah Anda bisa memasang wordpress untuk membangun sebuah website yang menarik?

Anda tidak bisa memasang WordPress dengan bantuan WordPress Installer.  Langkahnya adalah Anda  bisa masuk ke dalam menu domain yang kemudian isilah dengan alamat Web Personal Branding yang Anda inginkan. Kemudian selanjutnya Anda akan dimintai untuk dapat mengisi kolom judul blog , email, username,  dan juga nama lengkap sebelum kemudian mengklik tombol install.

Apabila memang telah berhasil dalam terpasang. Maka Anda nantinya akan melihat beberapa menu pada CMS atau content management system. Menu tersebut ialah sebagai berikut

  • dashboard,  ini merupakan beranda yang terdapat pada WordPress,  isinya sendiri terdiri dari berbagai widget yang dapat Anda sesuaikan.
  • posts,  di mana akan berisikan pilihan-pilihan yang berguna sekali untuk Anda dapat membuat tulisan baru ataupun mengedit tulisan yang telah ada.
  • media,  dikenal sebagai tempat penyimpanan seperti halnya suara,  gambar, dan video yang nantinya akan Anda unggah di dalam website.
  • pages,   ini merupakan menu yang didalamnya berisi konten utama dengan tampilan yang cenderung tetap.
  • comments,  ini berisikan segala macam komentar yang masuk ke dalam website Anda
  • appearance,  ini merupakan sebuah menu untuk Anda dapat mengubah tampilan website
  • plugins,  bisa dibilang ini merupakan menu yang berguna sekali untuk mengatur plugins itu aplikasi kecil yang mempunyai fungsi spesifik di dalam website.
  • users,  kemarin yang berguna sekali sebagai tempat mengatur profil pengguna
  • tools,  ini merupakan menu bagian yang berisikan pilihan import/export, press this, dan juga pengubahan daripada tags/categories ada
  • settings,  ini merupakan menu pengaturan umum yang terdapat pada  website

Mengubah tampilan dari pada website yang Anda miliki tersebut menjadi lebih unik

WordPress dalam hal ini juga akan menyediakan kepada Anda berbagai tema untuk tampilan Web Personal Branding Anda. Anda tidak bisa mempergunakan tema gratis ataupun momentum yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang berbahaya. Baik itu yang memang sudah ada pada CMS atau yang sudah ada di internet.

Adapun memang temanya sendiri memiliki format yang dapat kemudian diunduh dari internet. Pada umumnya akan berformat .zip.  Kemudian setelah di ekstrak,  kemungkinan Anda akan mendapati file yang bernama index.php,  header.php dan footer.php.

Setelah  itu Anda bisa membuka menu dashboard yang terdapat di WordPress dan mengikuti beberapa langkah di bawah ini

  • Ada Anda bisa mengklik appearance setelah itu mengklik themes
  • Anda bisa mengklik tab pada bagian atas layar yang mana dituliskan disana ‘install themes’
  • Anda bisa mencari tombol yang bertuliskan upload,  kemudian memilih file dengan format .zip  yang mana sebelumnya telah Anda unduh kemudian klik install now
  • mana bisa memastikan tema yang sudah terpasang dengan begitu sempurna kemudian klik activate

Langkah keempat adalah mempergunakan search engine optimization atau SEO

Penerapan daripada search engine optimization itu sendiri memiliki tujuan supaya nantinya Anda bisa membuat semua konten yang dapat muncul pada halaman mesin pencari Google. Tanpa ada SEO maka website yang Anda miliki kemungkinan besar nantinya akan   muncul berbulan-bulan kemudian setelah Anda buat.

Sampai dengan saat ini memang sudah ada tiga tahap sederhana yang dapat Anda lakukan untuk dapat menerapkan search engine optimization atau SEO itu sendiri sebagai berikut

  1. Langkah pertama Anda dapat menuliskan konten yang relevan sebagai konsep website Anda
  2. Anda kemudian bisa menyisipkan Link yang berasal dari situs selain dengan teknik yang  terbilang lebih tinggi
  3. Anda bisa membuat website Anda menjadi mobile friendly

Bisa menginstal Google analistic untuk Web Personal Branding Anda

Bisa dibilang ini merupakan langkah terakhir Ketika Anda ingin membuat sebuah website.  Tujuan dari pada langkah ini adalah untuk dapat Anda mengetahui seberapa banyak pengunjung yang mampir di website Anda. Seperti apakah mereka dan dari mana sajakah mereka berasal, serta apakah perangkat yang mereka pergunakan untuk mengakses situs sampai dengan genre pengunjung situs itu sendiri.

Segala macam informasi tersebut tentunya bisa Anda peroleh melalui Google analytics. Mempergunakan tools yang satu ini maka Anda dapat mengetahui berkaitan dengan  apa yang yang dilakukan pada website Anda. Misalnya saja Anda bisa mengetahui artikel mana-mana saja yang kerap kali mereka baca. Seberapa lamakah mereka membacanya dan juga mengetahui artikel-artikel mana yang dianggap kurang populer di mata pembaca.

Sampai dengan saat ini sudah terdapat lebih dari 50% traffic Internet berasal dari smartphone.  Jadi dipastikan terlebih dahulu bahwa konten daripada website yang Anda miliki tersebut akan mempunyai tampilan yang enak dibaca melalui perangkat smartphone. Supaya nantinya semakin tinggi pula traffic yang Anda miliki.

Langkah-langkah diatas merupakan beberapa bagian paling dasar Ketika Anda hendak membuat sebuah Web Personal Branding. Tentunya masih ada juga beberapa opsi opsi sudah ada supaya kamu kamu mendapatkan website yang menarik.

=========================================